Monday, August 23, 2010

Strategi Bisnis ; Arti Pesaing dalam Manajemen Bisnis dan Strategi Bisnis

Saat ini hanya ada 2 produsen prosesor yang "terdengar" di dunia ini,  Intel Corp dan AMD yang secara mati-matian bersaing dengan strategi bisnis terobosannya. Secara umum penguasaan pasar masih dipegang Intel, namun disisi lain AMD juga memiliki kelompok segmen yang sangat fanatis, karena performa yang tinggi namun harga yang sedikit lebih murah.
Seorang narasumber di bidang pengadaan komputer, pernah saya tanya apakah mungkin Intel menguasai pasar prosesor dengan model manajemen AMD, jawabnya "pasti bisa" bahkan mungkin membinasakan produsen AMD. Namun saya berpikir apakah kalo Intel membinasakan AMD,  apa malah nanti Intel Corp tidak terbentur Hukum Anti MOnopoli di banyak negara terutama USA? Kalo ini terjadi strategi bisnis jadi mentah kembali karena terbentur undang2.

Sehingga AMD sebagai pesaing Intel tentunya tidak mungkin dibinasakan Intel,  karena justru dengan adanya AMD memberikan jalan menuju penguasaan pasar prosesor, terutama saat ada  proses tender atau seleksi walau tentunya hanya 2 perusahaan itulah yang selalu muncul dalam proses tenderisasi pengadaan prosesor di dunia ini, walaupun kita tau VIA juga mempunyai produk prosesor walau nyaris tidak terdengar, dan produknya tida sehebat AMD atau intel.
Hikmah dari kasus di atas bahwa secara strategic, makna pesaing dalam  strategi bisnis adalah:
1.    Sebagai partner dalam menguji prestasi internal organisasi
2.    Sebagai pemacu peningkatan kinerja secara berkelanjutan
3.    Sebagai pembanding output baik layanan dan produk
4.    Sebagai alat uji pasar, kecuali pada pasar bersifat dominan dan monopoli
5.    PEsaing dijadikan barometer dalam inovasi-inovasinya
6.    Meningkatkan adrenalin jiwa bersaing secara individu dan teamwork
7.    Pesaing adalah  partner/sahabat  terbaik pada wilayah anti monopoli

Dalam strategi bisnis, pesaing bisa diposisikan sebagai rival dan parner. Tergantung bagaiman pengaruh internalnya.


No comments:

Post a Comment